c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. (nilai yang ditanamkan meliputi: rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras, dan disiplin)
3. Kegiatan Penutup
1. Peserta didik membuat kesimpulan bersama guru (nilai yang ditanamkan demokratis, terbuka, jujur, dan kritis)
2. Guru memberikan tugas PR sebagai tugas mandiri (nilai yang ditanamkan disiplin, jujur, mandiri, kerja keras, dan senang membaca).
IX. SUMBER BELAJAR
1. Buku FISIKA kelas XI (Budi Purwanto.2008.Dasar-dasar Fisika Kejuruan 2.Solo:Tiga Serangkai)
2. Buku FISIKA kelas X (Drs.Y.Tohari,dkk.1999. Konsep-konsep Fisika SMU.Klaten:Intan Pariwara)
3. Internet
X. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Jenis Penilaian : Tes / Non Tes
2. Instrumen Soal / Tugas :
1) Mengapa paku yang runcing dengan mudah ditancapkan ke dalam kayu ?
2) Bagaimana prinsip hukum Archimedes ?
3) Mengapa jarum dapat terapung di atas permukaan air ?
4) Sebutkan alat-alat yang kerjanya berdasar sifat kapilaritas !
5) Bagaimana prinsip kerja kempa hidrolik ?
Kunci Jawaban / Alternatif Jawaban :
1) Gaya yang bekerja tiap satuan luas benda menjadi besar karena luas permukaannya sangat kecil.
2) Setiap benda bila dicelupkan ke dalam zat cair, sebagian atau seluruhnya maka benda tersebut akan mendapatkan gaya lawan dari zat cair tersebut yang arahnya vertikal ke atas yang besarnya seberat zat cair yang terdesak/dipindahkan.
3) Karena adanya tegangan permukaan.
4) Kuas, sumbu kompor minyak, lampu minyak
5) Adanya hukum Pascal yaitu apabila fluida dalam ruang tertutup diberi tekanan maka tekanan tersebut akan diteruskan ke semua arah secara merata dan sama besar, maka dengan gaya yang kecil diperoleh gaya yang besar.
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. (nilai yang ditanamkan meliputi: rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras, dan disiplin)
3. Kegiatan Penutup
1. Peserta didik membuat kesimpulan bersama guru (nilai yang ditanamkan demokratis, terbuka, jujur, dan kritis)
2. Guru memberikan tugas PR sebagai tugas mandiri (nilai yang ditanamkan disiplin, jujur, mandiri, kerja keras, dan senang membaca).
IX. SUMBER BELAJAR
1. Buku FISIKA kelas XI (Budi Purwanto.2008.Dasar-dasar Fisika Kejuruan 2.Solo:Tiga Serangkai)
2. Buku FISIKA kelas X (Drs.Y.Tohari,dkk.1999. Konsep-konsep Fisika SMU.Klaten:Intan Pariwara)
3. Internet
X. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Jenis Penilaian : Tes / Non Tes
2. Instrumen Soal / Tugas :
1) Mengapa paku yang runcing dengan mudah ditancapkan ke dalam kayu ?
2) Bagaimana prinsip hukum Archimedes ?
3) Mengapa jarum dapat terapung di atas permukaan air ?
4) Sebutkan alat-alat yang kerjanya berdasar sifat kapilaritas !
5) Bagaimana prinsip kerja kempa hidrolik ?
Kunci Jawaban / Alternatif Jawaban :
1) Gaya yang bekerja tiap satuan luas benda menjadi besar karena luas permukaannya sangat kecil.
2) Setiap benda bila dicelupkan ke dalam zat cair, sebagian atau seluruhnya maka benda tersebut akan mendapatkan gaya lawan dari zat cair tersebut yang arahnya vertikal ke atas yang besarnya seberat zat cair yang terdesak/dipindahkan.
3) Karena adanya tegangan permukaan.
4) Kuas, sumbu kompor minyak, lampu minyak
5) Adanya hukum Pascal yaitu apabila fluida dalam ruang tertutup diberi tekanan maka tekanan tersebut akan diteruskan ke semua arah secara merata dan sama besar, maka dengan gaya yang kecil diperoleh gaya yang besar.
No comments:
Post a Comment