VI. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian tekanan
2. Tekanan Hidrostatis
3. Hukum Archimedes
4. Tegangan permukaan
5. Hukum Stokes
6. Kapilaritas
VII. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, tugas, dan tanya jawab.
VIII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama sebelum kegiatan pembelajaran. (nilai yang ditanamkan religius)
2. Guru memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
3. Guru memaparkan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan dilangsungkan.
4. Guru memberikan ilustrasi / contoh terkait kompetensi dasar
5. Guru memberikan motivasi
6. Guru membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menyampaikan materi tentang pengertian tekanan dan tekanan hidrostatis (nilai yang ditanamkan rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras);
2. Menyampaikan hukum Pascal, hukum Archimedes, tegangan permukaan, kapilaritas dan hukum Stokes (nilai yang ditanamkan rasa ingin tahu, komunikatif, kreatif, demokratis, dan kerja keras);
3. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas informasi yang telah di dapat/dipelajari bersama (nilai yang ditanamkan toleransi, komunikatif, kreatif, demokratis, dan kerja keras).
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1. Siswa mempelajari bahan ajar dan indikator keberhasilannya.
2. Siswa berdiskusi mengenai tekanan dan tekanan Hidrostatis
3. Siswa berdiskusi mengenai pengertian hukum Pascal, hukum Archimedes, tegangan permukaan, kapilaritas dan hukum Stokes
4. Bagi siswa yang belum paham atau mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru mata pelajaran bersangkutan. (nilai yang ditanamkan meliputi: kerjasama, demokratis, berani, kritis, terbuka, dan rasa ingin tahu).
No comments:
Post a Comment