I. Pilihan Ganda
Bacalah dengan Seksama, Kemudian untuk Menjawab Arsirlah pada Salah Satu Jawaban yang Saudara Anggap Paling Benar!
1. Kemampuan alam untuk dapat mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup yang berada di dalamnya disebut ...........
a. daya dukung lingkungan d. daya lenting lingkungan
b. daya tampung lingkungan e. daya pulih lingkungan
c. daya kooperatif lingkungan
2. Lingkungan dapat kembali ke keadaan seimbang setelah mengalami gangguan atau kerusakan. Kemampuan ini disebut .........
a. daya dukung lingkungan d. daya lenting lingkungan
b. daya tampung lingkungan e. daya pulih lingkungan
c. daya kooperatif lingkungan
3. Berikut ini yang merupakan komponen abiotik adalah . . . .
a. Capung d. Hujan
b. Belalang e. Pohon
c. rumput
4. Organisme yang biasanya ditemukan pada daerah yang mengalami suksesi primer, adalah ......
a. lumut kerak d. pohon cemara
b. perdu e. pohon jati
c. pohon yang tidak terlalu tinggi
5. Komunitas yang dihasilkan dari peristiwa suksesi disebut ...........
a. komunitas konstan d. komunitas suksesi
b. komunitas primer e. komunitas sekunder
c. komunitas klimaks
6. Bila salah satu jenis populasi tumbuhan dalam suatu ekosistem hutan dimusnahkan, maka .....
a. tidak terjadi perubahan apapun pada ekosistem hutan
b. semua populasi tumbuhan pada ekosistem akan punah
c. keseimbangan ekosistem hutan terganggu
d. tidak ada spesies hewan yang punah
e. semua herbivora akan kehilangan sumber makanan
7. Kompetisi antara pohon jambu dan pohon mangga dalam memperebutkan air dan cahaya merupakan jenis kompetisi ……..
a. Intraspesifik d. antarorganisme
b. Interspesifik e. antarindividu
c. alelopati
8. Saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik terlihat pada .....
a. penguraaian senyawa nitrogen amonia sehingga dapat digunakan sebagai sumber mineral oleh tumbuhan.
b. pelapukan batuan selama bertahun-tahun karena pengaruh kelembapan udara, suhu, dan intensitas cahaya
c. kompetisi antara sapi dan kambing untuk mendapatkan rumput di satu lahan peternakan
d. interaksi antara bunga dan lebah
e. meningkatnya jumlah karbon dioksida akibat aktivitas industri manusia
9. Ciri interaksi komensalisme adalah . . .
a. kedua organisme memperoleh keuntungan
b. salah satu organisme menyebabkan penyakit
c. organisme pasangan mengalami kerugian
d. organism pasangan tidak diuntungkan
e. keduanya mengalami kerugian
10. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif ekspedisi berlebihan pada suatu ekosistem adalah ...........
a. introduksi spesies asing
b. fragmentasi dan degradasi habitat
c. meningkatnya keanekaragaman organisme
d. beberapa spesies menjadi resisten
e. berkurangnya sumber daya alam terbaharui
11. Ciri interaksi alelopati adalah . . .
a. Kedua organisme memperoleh keuntungan
b. Salah satu organisme menyebabkan penyakit
c. Organism pasangan mengalami kerugian
d. Organisme pasangan tidak diuntungkan
e. Keduanya mengalami kerugian
12. Apabila populasi ular berkurang maka akan mempengaruhi populasi hewan lainnya, yaitu ….
a. belalang d. elang
b. tikus e. kancil
c. padi
13. Bila kadar CO2 dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kami kali menerima dampak negatifnya adalah ......
a. herbivora d. karnivora
b. konsumen e. produsen
c. decomposer
14. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu karena adanya proses alam. Berikut ini proses alam yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, kecuali ..........
a. banjir bandang akibat penebangan hutan liar
b. pergeseran lempeng bumi yang menyebabkan gempa bumi atau tsunami
c. serangan parasit, penyakit atau hama pada suatu wilayah tertentu
d. perubahan cuaca yang cepat dan ekstrim yang menyebabkan badai
e. letusan gunung berapi
15. Populasi enceng gondok meledak karena di Indonesia tanaman tersebut tidak memiliki predator alami. Peristiwa tersebut merupakan contoh dari .......
a. fragmentasi dan degradasi habitat d. introduksi spesies asing
b. resistensi spesies e. menurunnya keanekaragaman organisme
c. variasi genetic
16. Hama pada tanaman yang mulai tahan akibat penyemprotan pestisida yang berlebihan. Peristiwa tersebut merupakan contoh dari .......
a. fragmentasi dan degradasi habitat d. introduksi spesies asing
b. resistensi spesies e. menurunnya keanekaragaman organisme
c. variasi genetik
17. Populasi tikus di sawah meledak karena di Indonesia tikus tidak memiliki predator alami. Peristiwa tersebut merupakan contoh dari .......
a. fragmentasi dan degradasi habitat d. introduksi spesies asing
b. resistensi spesies e. menurunnya keanekaragaman organisme
c. variasi genetik
18. Populasi spesies hama yang resistensi pada pestisida dapat mendominasi pada lahan yang sering diberikan pestisida, karena ........
a. hama memiliki sistem tubuh yang berubah-ubah
b. populasi yang tidak kebal telah terbunuh
c. hama memiliki sayap dan dapat terbang
d. hama memiliki tubuh yang kecil
e. ekosistem sawah berubah-ubah
19. Berikut ini yang bukan merupakan contoh kerugian akibat penebangan hutan secara liar adalah...
a. berkurangnya daerah resapan air
b. hilang dan rusaknya habitat berbagai jenis hewan dan tumbuhan
c. menurunkan persedian air tanah
d. mengurangi wilayah hutan yang dapat dimanfaatkan
e. mengurangi ketersediaan tanaman obat
20. Berikut ini yang bukan merupakan contoh kerugian akibat perburuan hewan secara liar adalah...
a. berkurangnya daerah resapan air
b. hilang dan rusaknya habitat berbagai jenis hewan
c. menurunkan persedian air tanah
d. mengurangi wilayah hutan yang dapat dimanfaatkan
e. mengurangi ketersediaan tanaman obat
21. Berikut ini upaya untuk menjaga kesimbangan lingkungan di ekosistem laut, kecuali .....
a.penggunaan pottasium d. tangkap pilih
b. mencegah penangkapan ikan liar e. tidak menggunakan bom
c. tidak merusak terumbu karang
22. Untuk menjaga keseimbangan lingkungan penggunaan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga harus dikurangi, karena ........
a. mahal d. tidak diperlukan
b. mudah terbakar e. mencemari lingkungan
c. tidak bisa diperbaharui
23. Upaya menjaga lingkungan merupakan upaya kolektif, karena .........
a. tidak perlu peran
b. menjaga lingkungan tidak bisa dilakukan oleh individu
c. membutuhkan biaya yang mahal
d. butuh pengawasan dan tindakan hukum yang tegas
e. dampak dari kerusakan lingkungan dirasakan oleh masyarakat luas
24. Efek rumah kaca dapat mengganggu keseimbangan lingkungan karena terjadi peningkatan jumlah gas ….
a. oksigen d. karbonmonoksida
b. nitrogen e. amonia
c. karbondioksida
25. Berikut ini upaya untuk menjaga kesimbangan lingkungan di ekosistem hutan, kecuali .....
a. reboisasi d. tebang pilih
b. mencegah perburuan hewan e. ilegal loging
c. tidak membakar hutan
26. Berdasarkan PP no. 27 tahun 1999 pasal 3 ayat (1) usaha dan/atau kegiatan yang dapat menimbulkan dampak besar dan penting yaitu …..
a. usaha dan/atau kegiatan yang tidak menimbulkan pencemaran
b. usaha dan/atau tidak mengaruhi kelestarian lingkungan
c. usaha dan/atau kegiatan yang memberikan mabfaat bagi manusia
d. usaha dan/atau kegiatan yang mengubah bentuk lahan dan bentang alam
e. usaha da/atau kagiatan yang berlangsung di permukiman penduduk
27. Dampak penting adalah ……
a. terjadinya perubahan lingkungan hidup yang sangt mendasar yang diakibatkan oleh suatu kegiatan atau proyek
b. dampak di luar proyek yang tidak terlalu berpengaruh terhadap lingkungan hidup
c. tidak terjadi dampak serius bagi lingkungan dan masyarakat sekitar
d. dampak yang timbul sebelum proyek dijalankan
e. terjadinya perubahan lingkungan hidup akibat pemanasan global
28. Berikut ini pedoman untuk menentukan dampak penting, kecuali ….
a. jumlah manusia yang terkena dampak
b. jumlah gedung yang rusak akibat dampak
c. lamanya dampak berlangsuang
d. identitas dampak
e. luas wilayah persebaran dampak
29. Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan untuk ….
a. memperbaiki lingkungan
b. menggulung pencemaran lingkungan yang telah terjadi
c. merusak lingkungan
d. mencemari lingkungan
e. menjaga kelestarian lingkungan
30. Lapangan golf, rumah sakit, dan sekolah merupakan contoh jenis usaha dan/atau kegiatan pendekatan studi AMDAL ….
a. kegiatan tunggal
b. kegiatan terpadu atau multisektor
c. kegiatan regional
d. kegiatan bermanfaat
e. kegiatan global
31. Komisi penilai AMDAL
a. Presiden d. Gubernur
b. Wakil Presiden e. Menteri
c. MPR dam DPR
32. Berikut ini yang bukan merupakan komponen dukomen AMDAL adalah….
a. KA-AMDAL d. KA-RKL
b. AMDAL e. RPL
c. RKL
33. Dibawah ini merupakan fungsi dan tujuan dibuatya KA-AMDAL, kecuali…
a. merumuskan ruang lingkup dan kedalaman studi AMDAL
b. mengarahkan studi AMDAL agar berjalan secara efektif dan efisien
c. sebagai alternatif berdirinya suatu usaha
d. sebagai rujukan penting bagi pemrakarsa
e. sebagai salah satu bahan rujukan bagi penilai dokumen AMDAL untuk mengevaluasi hasil studi
34. Pembuatan dokumen AMDAL, RKL, dan RPL dibuat ..
a. secara terpisah
b. secara bersamaan dan berkesinambungan
c. setelah proyek berjalan
d. setelah komisi penilai memberikan keputusan
e. saling berdiri sendiri dan tidak berhubungan
35. Rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak besar, dan dampak penting terdapat dalam dokumen …
a. KA-AMDAL d. AMDAL
b. RKL e. KA-AMDAL
c. RPL
36. Komponen-komponen diukur dalam rona lingkungan hidup awal diantaranya adalah….
a. komponen fisik, biologi dan sosial budaya
b. komponen fisik saja
c. sebagian komponen biologi dan sosial budaya
d. komponen-komponen yang membahayakan proyek
e. komponen-komponen lingkungan hidup meliputi ekosistem
37. AMDAL sebagai alat mengambil keputusan tentang kelayakan lingkungan dari suatu rencana usaha dan/atau kegiatan merupakan manfaat AMDAL bagi …
a. pemrakarsa d. masyarakat
b. pemerintah e. penyusun
c. pelaksana
38. Di dalam proses pelaksanaan AMDAL tahap persiapan bertujuan untuk …
a. mengidentifikasi dampak penting yang terkait dengan kegiatan usaha.
b. efektivitas dan efisiensi proses pelaksanaan selanjutnya
c. menantukan lingkup masalah
d. melakukan AMDAL sesuai prosedur
e. Menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan
39. Yang bukan aspek sosial yang ditelaah dalam AMDAL adalah….
a. sosial-ekonomi d. sosial-budaya
b. demografi e. kesehatan masyarakat
c. geografi
40. Metode yang dapat dilakukan untuk mengukur aspek sosial adalah….
a. inventarisasi d. belt transect
b. wawancara, kuesioner e. mengamati jejak di hutan
c. analisis laboratorium
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete