Saturday, April 6, 2013

Soal-Soal Induksi Magnet

 Soal medan magnet di sekitar kawat berarus listrik
  1. Hitung besar induksi magnetik pada suatu titik yang berjarak 200cm dari suatu penghantar lurus sangat panjang yang berarus 4A!
  2. Seutas kawat panjang lurus dialiri arus listrik 2A. Berapa cm kah jarak dari kawat ke suatu titik yang mengalami medan magnet bumi sebesar 5 x 10^-5 T akibat arus yang melalui kawat tersebut?
  3. Dua kawat lurus panjang dan sejajar masing-masing dialiri arus listrik 5A dan 10A dengan arah berlawanan. Kedua kawat terpisah pada jarak 10 cm. Tentukan besar induksi magnetik pada suatu titik ditengah-tengah garis hubung antara kedua kawat tersebut! 
  4. Dua kawat yang lurus panjang dan sejajar masing-masing dialiri arus yang searah 6 A dan 9A. Kedua kawat terpisah pada jarak 15cm. Pada jarak berapa dari kawat 6 A induksi magnet disuatu titik bernilai nol?
  5. Dua penghantar l dan m lurus dan panjang terletak sejajar dengan jarak 10 cm. Masing-masing berarus listrik 36 A dan 20 A. Hitunglah induksi magnetik pada suatu titik yang berjarak 6 cm dari l dan 8 cm dari m!
  6. Sebuah kawat berbentuk lingkaran terdiri dari 20 lilitan. Jari-jari lingkaran adalah 10 cm. Agar induksi magnetik di pusat lingkaran sama dengan 4 x 10^-3 Wb/m^2. Tentukan kuat arus listrik yang mengalir.
  7. Sebuah solenoida memiliki diameter 1,5 cm, panjang 60 cm, dan terdiri dari 450 lilitan. Tentukan besar induksi magnetik dipusat solenoida ketika arus listrik melalui kumparan adalah 5 A!
  8. Sebuah solenoida tipis dengan panjang 1 m dililiti dengan dua lapisan kawat. Lapisan dalam memiliki 1000 lilitan dan lapisan luar memiliki 2000 lilitan. Setiap lilitan membawa arus listrik 2 A tetapi arahnya berlawanan. Tentukan medan magnetik di pisat solenoida tersebut!
Soal Gaya Lorentz
  1. Sebuah kawat yang panjangnya 10 cm berada tegak lurus dalam medan magnetik. Jika rapat fluks magnetiknya 0,2 Tesla dan arus listrik yang mengalir didalam kawat itu 45 A, Tentukan besar gaya yang dialami kawat itu.
  2. Sebuah kawat melingkar berarus 2 A, jari-jari r = 8 cm terletak di permukaan meja. Pada kawat itu bekerja medan magnetik sebesar 0,065 Tesla dengan arah vertikal ke bawah. Tentukan: a. Gaya total pada kawat karena medan magnetik itu, b. Gaya pada kawat sepanjang 3 mm 
  3. Seutas kabel listrik dengan massa jenis18 x 10^3 kg/m^3 dialiri arus listrik 550 A dengan arah  dari barat ke timur komponen horisontal induksi magnetik bumi adalah 16 x 10^-6 Tesla, dan menyebabkan sebuah gaya bekerja pada kawat yang besarnya sama dengan berat kabel tetapi berlawanan arah. Hitung: a. massa per satuan panjang kabel, b. luas penampang kabel.

No comments:

Post a Comment