Tuesday, October 20, 2015

Soal dan Pembahasan Hukum Newton tentang Gravitasi

30. Hitung besar dan arah resultan gaya gravitasi yang bekerja pada benda bermassa m (lihat gambar). Nyatakan jawaban anda dalam G, m, dan a.
Jawaban:



31. Tiga buah partikel diletakkan di titik-titik sudutsebuah segitiga siku-siku (lihat gambar). hitung besar dan tangen arah resultan gaya gravitasi yang bekerja pada partikel bermassa m. Nyatakan jawaban anda dalam G, m, dan a.
Jawaban:



32. Dua buah partikel bermassa 0,2 kg dan 0,3 kg terpisah sejauh 0,15 m. Partikel ketiga yang bermassa 0,05 kg diletakkan di antara keduanya dan pada garis hubung kedua partikel itu. Hitung:
a). Gaya gravitasi yang bekerja pada partikel ketiga jika partikel itu diletakkan 0,005 m daari benda bermassa 0,3 kg.
b). Di manakah di antara garis hubung tersebut partikel ketiga harus diletakkan agar gaya gravitasi tidak bekerja pada partikel itu?
 Jawaban:


36. Hitung besar dan arah percepatan gravitasi di suatu titik P yang terletak pada garis sumbu dari garis penghubung dua buah massa yang terpisah sejauh 2a, seperti ditunjukkan pada gambar. Nyatakan jawaban anda dalam G, m, dan a.


Jawaban:


37. Percepatan gravitasi di permukaan bumi adalah 9,8 m/s2. Hitung percepatan gravitasi di permukaan planet yang memiliki:
a). massa sama dan jari-jari dua kali;
b). jari-jari sama dan massa jenis dua kali;
c). jari-jari setengah kali dan massa jenis dua kali.
Jawaban:


38. Pada ketinggian berapa, di atas permukaan bumi, percepatan gravitasi akan berkurang;
a). 1% dibandingkan dengan permukaan bumi;
b). 5% dibandingkan dengan permukaan bumi?
Jawaban:



39. Dua planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara periode revolusi planet P dan planet Q mengitari matahari 8:1. Apabila jarak planet Q ke matahari adalah 1,6 satuan astronomi, tentukan jarak planet P ke matahari.
Jawaban:


40. Dua planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara jarak planet P dan planet Q ke matahari adalah 4 : 9. Apabila periode planet P mengelilingi matahari adalah 24 hari,, tentukan periode planet Q. 
Jawaban:

3 comments:

  1. Terima kasih banyak atas postingannya. saya benar-benar terbantu :) anda sangat cerdas.

    ReplyDelete
  2. Cuman mau benerin
    yg no.40 tq nya belum diakarin
    Tq = 81 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome Ariani :)
      Thank you Suci Chairuna for correction. Tq=81.

      Delete